Anak Gampang Emosi dan Meledak-ledak? Mungkin karena Jarang Ditemani Main Orang Tua

Jangan sampai nanti Ayah Bunda menyesal. Paling tidak sediakan waktu main bersama sekitar 5-10 menit tiap hari, agar anak tidak gampang emosi.

orangtua menemani anak bermain

Apa sih pentingnya bermain bersama anak?

Bermain merupakan salah satu hak anak dan menjadi penunjang yang cukup penting bagi proses tumbuh kembangnya. Dalam menjalani hal ini, pendampingan dari orang tua pun dapat memberi manfaat penting tambahan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut: anak dapat belajar mengenali emosi, membangun ikatan batin dan memupuk rasa kasih sayang bersama dengan orang tua.

Bermain sebagai salah satu cara pengendalian emosi anak

anak sedang emosi

Sepanjang hari, anak-anak ‘bertempur’ untuk belajar mengendalikan emosi yang dirasakannya. Termasuk seperti rasa takut, marah, malu, panik, dan bahkan kecewa. Nah, bermain pun menjadi salah satu cara utama anak memproses emosi-emosi tersebut. Kegembiraan yang muncul saat bermain secara alami mengurangi hormon stres. Saat anak dapat bermain bersama orang tua, tercipta pula peluang peningkatan hormon rasa cinta dan bonding yang kuat, dimana hal tersebut dapat mengurangi sifat anak yang gampang emosi.

Sebaliknya, jika anak tidak memiliki kesempatan melepaskan ketegangan ini, contohnya dengan bermain dan bersenang-senang, maka semakin banyak ketegangan yang terjadi dalam otaknya. Dengan pemikiran ini, maka akan lebih banyak hormon stres dalam aliran darah atau dengan kata lain stres pada anak dibiarkan menumpuk, hingga akhirnya membuat anak gampang emosi dan meledak-ledak.

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang psikolog dan penulis buku, Lawrence Cohen, PhD. bahwa bermain bisa menjadi jembatan penting bagi ikatan emosional yang mendalam antara orang tua dan anak. Bagi orang tua ini dapat meredakan stres, sementara bagi anak ini dapat membangun kedekatan, kepercayaan diri, dan ikatan batin.

Bagaimana cara menemani anak bermain dengan benar?

orangtua menemani anak bermain dengan benar

Saat menemani anak bermain, biarkan anak lebih aktif ‘menggiring’ permainan. Berikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi dan berimajinasi. Ayah Bunda bisa mengikuti alur permainan anak, sambil tetap memberikan respon dan support yang positif. Dengan diberikan kesempatan untuk ‘memimpin’ permainan, anak akan menjadi lebih percaya diri. Maksimalkan proses ini dengan menyediakan waktu khusus bermain dengan anak, tanpa distraksi.

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan, kalau belakangan Si Kecil tampaknya lebih mudah marah dan rewel, mungkin ia perlu ditemani bermain bersama Ayah Bunda. Saat bermain bersama anak, sediakan diri secara utuh. Kalau perlu, simpan dulu ponsel atau hal-hal lain yang bisa memecah fokus. Nah, sudah ajak anak main bareng belum hari ini?

Ayah Bunda juga bisa belajar bersama Gaia Parenting dan berbagai narasumber yang sudah pakar untuk mengupas tuntas kelas series perkembangan anak mulai tanggal 18-21 Januari 2023. Dapatkan harga spesial melalui link dibawah ini:

DAFTAR KELAS SERIES PERKEMBANGAN ANAK ONLY 99K

Atau menghubungi WhatsApp Gaia Parenting 0812-1959-6828

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *