Yuk, Lawan Stunting dengan MPASI Adekuat dan Asupan Protein Hewani

MPASI mencegah stunting?? Bunda dan Ayah tau gak sih kalau stunting bisa meningkatkan resiko anak mengalami obesitas, penyakit jantung, diabetes hingga stroke!?

menu mpasi mencegah stunting

Salah satu upaya yang bisa Bunda dan Ayah cegah adalah memperbaiki konsumsi MPASI anak dengan beragam nutrisi dan varisi gizi yang anak butuhkan. Namun, sebelum mencegahnya kita harus mengetahui dulu hal seputar stunting.

Apa Sih Stunting Itu?

stunting pertumbuhan anak

Menurut P2PTM Kemenkes RI, Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Gangguan tersebut yakni tinggi badan anak jadi lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dianggap sebagai faktor keturunan (genetik) dari orang tuanya, sehingga sulit dicegah. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting sebenarnya bisa dicegah!

Bagaimana Cara Mencegah Stunting?

Cara mencegah stunting pada anak bisa dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan kehamilan secara teratur
  2. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan penuh dan MPASI yang memadai
  3. Konsultasi secara teratur ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak
  4. Mengikuti program imunisasi, terutama imunisasi dasar
  5. Melakukan stimulasi dini perkembangan anak
  6. Memberikan asupan gizi sesuai kebutuhan harian anak

Poin terakhir merupakan hal yang paling penting yaitu dengan memperbaiki konsumsi MPASI anak dengan beragam nutrisi dan varisi gizi yang anak butuhkan, salah satunya yaitu MPASI Adekuat.

Apa itu MPASI Adekuat?

mpasi adekuat mencegah stunting

Maksudnya MPASI yang diberikan harus dapat memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro bayi seperti zat besi, vitamin A, dan seng dengan tujuan bayi bisa mencapai tumbuh kembang secara optimal. Caranya adalah mempertimbangkan jumlah, frekuensi, konsistensi, dan variasi makanan.

Untuk mencukupi kualitas kebutuhan nutrisi bayi, MPASI bayi harus mengandung:

  1. ASI/Sufor
  2. Karbohidrat
  3. Protein (terutama protein hewani)
  4. Lemak (minyak, santan, margarin, dll.)
  5. Buah dan Sayur

Kenapa Protein Hewani Penting Banget dan Utama untuk MPASI?

protein hewani mencegah stunting

Hal ini karena anak yang stunting memiliki kadar asam amino yang rendah, dan protein hewani mengandung asam amino esensial yang lengkap dengan kualitas tinggi. Selain itu protein hewani juga berperan untuk pertumbuhan fungsi kognitif, fisik dan performa sekolah anak.

Utamakan protein hewani yang mengandung asam amino merupakan cara bijak dalam mengatur komposisi MPASI sehat dan baik bagi perkembangan tubuh anak. Hal ini dikarenakan asam amino tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara langsung, jadi hanya bisa lewat makanan.

Bahkan menurut studi konsumsi 1 sumber protein hewani rutin dapat menurunkan angka stunting sampai 3,7%, konsumsi 2 protein hewani akan menurunkan stunting 5,7%, dan mengonsumsi 3 sumber protein hewani bisa menurunkan stunting hingga 6,7%.

Jadi, pastikan si kecil mendapatkan MPASI adekuat dan kaya akan protein hewani ya Bunda!

Nah, buat Ayah Bunda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai MPASI Tepat, Gizi Optimal Cegah & Atasi Anak Susah Makan ini bisa bergabung ke Course MPASI dan Anak Susah Makan. Dapatkan promo spesial khusus Ayah Bunda, dengan klik link dibawah.

DAFTAR COURSE SEKARANG & DAPATKAN PROMO SPESIAL

Atau menghubungi WhatsApp Gaia Parenting 0812-1959-6828

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *