Menurunkan Berat Badan secara Alami dengan Menyusui, Memangnya Bisa?

Menyusui atau breastfeeding merupakan hal yang wajib dilakukan untuk Bunda yang memiliki bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Namun, apakah diet bagi ibu menyusui bisa dilakukan? Ternyata, ada banyak loh manfaat menyusui. Salah satunya juga bisa mengurangi berat badan secara alami.

breastfeeding

Menyusui mengurangi kalori sebanyak 500 kkal sehari yang mana hal tersebut merupakan setara dengan mengurangi cemilan dan olahraga selama 45-60 menit sehari. Menabjubkan bukan? Namun, bukan hal yang mudah untuk konsisten menyusui, rasa sakit hingga sulit mengeluarkan ASI menjadi sedikit dari banyaknya tantangan yang harus dihadapi oleh Busui.

Jadi, gimana ya caranya biar menyusui bisa konsisten selama 24 bulan? Yuk, temukan jawabannya pada bacaan berikut ini!

Tips agar Konsisten Menyusui

Berikut tips menyusui agar Bunda bisa konsisten menyusui sang buah hati hingga usia 24 bulan:

diet ibu menyusui

Menyiapkannya dari jauh-jauh hari

Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang info menyusui, seperti membaca buku atau ikut kelas menyusui sebelum melahirkan adalah tindakan yang disarankan sehingga Bunda jadi lebih familiar dengan proses menyusui nantinya.

Mengunjungi Bidan

bidan ibu menyusui

Bidan, dokter kandungan atau konsultan laktasi untuk persiapan dan konsultasi mengenai tips dan masalah-masalah yang dihadapi ketika menyusui. Segeralah ke dokter jika Bunda merasa sakit yang berlebihan dan tak kunjung padam.

Temukan posisi perlekatan yang benar dan nyaman

Hal ini dapat membantu Bunda untuk mengurangi rasa sakit pada saat menyusui sehingga bunda bisa merasa nyaman dan lebih bersemangat saat menyusui.

Menghindari makanan yang dapat berdampak pada si kecil

Contohnya jangan mengkonsumsi lebih dari 300mg kafein. Konsultasikan obat yang akan konsumsi ke dokter atau apoteker. Selebihnya Bunda bisa mengkonsumsi apa saja asal tidak menimbulkan alergi untuk Bunda dan si kecil.

Tetap utamakan kesehatan mental Bunda dan jangan menyalahkan diri sendiri

mental health

Hal ini dalah yang terpenting untuk tetap termotivasi saat menyusui. Menyusui adalah hal yang berat, jadi tidak mengapa jika Bunda belum terbiasa pada minggu pertama. Support dari Ayah dan orang sekitar juga sangat berperan penting pada masa ini. Perhatikan jika Bunda memiliki tanda baby blues atau postpartum depression agar bisa segera ditangani.

Nah, buat ayah bunda yang mau didampingi menjadi “Orang Tua”, bisa bergabung ke dalam Gaia Academy: Seri Menyambut Kelahiran Buah Hati yang terdiri dari workshop offline, prenatal care, kelas laktasi, dan postnatal advance.

DAFTAR SEKARANG DAN DAPATKAN DISKON UP TO 60%

Atau menghubungi WhatsApp Gaia Parenting 0812-1959-6828

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *