Si Kecil Balik Gak Bisa Tidur Lagi Setelah Sleep Training? Aduh Apa yang Salah ya?!

Anakku kok balik gak bisa tidur lagi ya? Padahal sudah sebulan sukses sleep training. Masalahnya di mana ya?

anak sleep regression

Fenomena ini dinamakan Sleep Regression dan sangat wajar bagi si kecil untuk mengalaminya.

Apa itu Sleep Regression?

sleep regression adalah

Sleep Regression adalah kemunduran yang tampaknya tiba-tiba terjadi dalam tidur si kecil. Sebagai contoh, anak sudah bisa tidur dengan teratur setiap harinya, namun tiba-tiba dia mulai enggan untuk tidur, sering terbangun di tengah malam atau sudah bangun sebelum matahari terbit. Fenomena seperti inilah yang disebut dengan regresi tidur.

Apa sih Penyebabnya?

penyebab sleep regression

Kok bisa sih? Sleep Regression adalah hal yang berkaitan dengan pencapaian fisik atau proses tumbuh kembangnya. Misalnya terganggu karena gigi mulai tumbuh atau sedang mempelajari keterampilan baru seperti berjalan dan berbicara. Di saat mereka melakukan aktivitas yang menyebabkan dirinya semakin penasaran, maka mereka akan menggunakan energinya untuk menolak waktu tidur agar tidak meninggalkan sensasi pengalaman tersebut. Tidur merupakan hal paling terakhir yang ingin mereka lakukan.

Bagaimana Solusinya?

Tenang ya Bunda dan Ayah! Ini wajar kok! Dari pada panik mending simak tips ini untuk temukan solusinya!

solusi anak sleep regression
  1. Pertama, Bunda dan Ayah harus mencari tahu apakah ada penyakit yang menyerang si kecil atau ada perubahan tumbuh kembang yang sedang terjadi. Semakin cepat Bunda dan Ayah mengatasinya akan semakin cepat pula ini akan teratasi.
  2. Pastikan bayi tidur dalam keadaan kenyang dan tidak memiliki kegiatan yang membuatnya harus aktif di malam hari.
  3. Konsisten dengan jam tidur dan kebiasaan tidur yang biasa dilakukan sebelumnya. Jika bayi sudah mulai terlihat mengantuk langsung bawa ke kamarnya dan pastikan dalam keadaan tenang dan semua lampu mati.
  4. Bersabar dan coba konsultasikan kepada ahlinya jika hal ini tak kunjung teratasi.

Nah, bagaimana Ayah Bunda sekarang sudah paham kan? Oh iya, Ayah Bunda bisa loh belajar seputar tidur anak dengan mengikuti Kelas Sleep Training Basic: Optimalkan Tumbuh Kembang dengan Sleep Training yang akan diadakan tanggal 11 Juli 2024 dengan harga khusus loh!

DAFTAR SEKARANG DAN DAPATKAN DISKON 50%

Atau menghubungi WhatsApp Gaia Parenting 0812-1959-6828

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *